PROFIL LULUSAN

Lulusan yang dihasilkan dari Program Magister (S-2) Pendidikan Fisika adalah Pribadi yang diharapkan akan bekerja secara umum dalam bidang pendidikan sains dan secara khusus dalam bidang Pendidikan Fisika

Dosen /Pendidik di Perguruan Tinggi (PT) dan Sekolah Menegah bidang Pendidikan Fisika

   Magister Pendidikan Fisika yang:

  • Mampu menerapkan konsep dan prinsip umum bidang fundamental Fisika secara mendalam di bidang Fisika.
  • Mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran fisika di sekolah menengah dengan berorientasi pada pembelajaran yang berkarakter.
  • Menerapkan konsep dan prinsip dasar pedagogi dan metodologi pembelajaran fisika yang inovatif.
  • Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran fisika melalui pendekatan multidisiplin.
Peneliti ahli Pendidikan Fisika

Peneliti ahli pendidikan fisika yang:

  • Menguasai metode penelitian pendidikan untuk inovasi dan improvisasi pembelajaran fisika.
  • Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran fisika melalui pendekatan multidisiplin.
  • Memiliki kemampuan meneliti dan mengembangkan teknik dan metode pengajaran kimia sehingga belajar fisika akan menjadi mudah dan menyenangkan.
Konsultan Pendidikan Fisika
Konsultan pendidikan fisika yang:
  • Memiliki tanggungjawab pada pembelajaran fisika di sekolah secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi dengan mengutamakan pengembangan potensi dan pembentukan karakter peserta didik.
  • Memiliki spirit kepemimpinan dan mampu menerapkan prinsip manajemen untuk mengelola pendidikan
  • Memiliki tanggung jawab dalam melakukan pengelolaan bagian-bagian dari proses pendidikan kimia atau dalam menyiapkan, menangani, dan mengelola bahan fisika di bidang lingkungan dan proses manufaktur pada institusi pemerintah dan swasta.
Analisis dan Perekayasa Pendidikan Fisika
Analis dan perekayasa pendidikan fisika yang:
  • Memiliki kemampuan melakukan analisis kebijakan pengelolaan pendidikan, kurikulum, evaluasi-penilaian dan teknologi pengajaran yang berkaitan dengan pembelajaran fisika.
  • memiliki tanggung jawab dalam melakukan pengelolaan bagian-bagian dari proses pendidikan fisika atau dalam menyiapkan, menangani, dan mengelola bahan fisika di bidang lingkungan dan proses manufaktur pada institusi pemerintah dan swasta.