Prodi S2 Pend Fisika PPs UNY Diverifikasi oleh BAN PT

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta kembali mendapatkan penilaian dari BAN PT. Kamis, 26 November 2015 giliran program studi Pendidikan Fisika yang diassessment oleh Tim Asesor dengan Prof. Dr. Motlan dan Prof. Dr Icuk Imawan selaku validator data borang akreditasi.

Sesuai dengan SOP (Standard Operasional Perosedur) yang berlaku di UNY, maka setiap tamu hendaknya dihormati dan disambut oleh jajaran full team pimpinan dari Rektor hingga WR IV. Berhubung adanya agenda yang bersamaan yang harus ditunaikan oleh pimpinan, maka penyambutan Tim Asesor oleh Direktur, Asdir I, Asdir II PPs, Koordinator Penjaminan Mutu, kaprodi Pend. Fisika dan beberapa dosen prodi.

Bertempat di ruang sidang RKU, acara penyambutan berlangsung khidmat dan bersahabat. Direktur pasca Prof. Dr. Zuhdan K, Prasetya dan seluruh jajarannya mengucapkan selamat datang Tim Asesor yang mungkin sudah beberapa kali melakukan visitasi ke UNY. Besar harapan atas kehadiran asesor ke sini bisa meyakinkan dan memberikan informasi ke publik bahwa penyelenggaraan prodi Pend Fisika sudah terakreditasi sesuai standar BAN-PT. Apabila ada sesuatu yang bisa diinformasikan yang barangkali kemarin belum terlaksana sehingga belum ditulis dalam borang, mohon bisa diakomodasi.

Selain itu, mohon asesor berkenan memaksimalkan hal yang ditulis dalam borang. Akhirnya semoga tim asesor bisa menjalankan tugas dengan baik sehingga visitasi bisa sukses mendapatkan nilai yang terbaik. Sementara itu Prof. Dr. Motlan menjelaskan bahwa visitasi sebagai sarana memastikan bahwa penyelenggaraan prodi sudah sesuai dengan proposal prodi baru yang diajukan beberapa waktu lalu. “Visitasi untuk melihat realita di lapangan berupa kesiapan perangkat seperti dosen, kurikulum, sarana perkuliahan, dan dukungan tenaga kependidikan. Selain itu, kami ingin membantu program Pak Menteri yang sedang getol menutup prodi abal-abal dan kampus bodong yang akhir-akhir ini banyak ditemukan".

Proses penilaian akreditasi dipusatkan di ruang sidang PPs UNY. Asesor I, Prof. Dr. Motlan menilai borang program studi yang ditanggapi oleh kaprodi, Dr. Heru kuswanto disupport oleh Prof. Dr. Mundil, Prof. Dr. Jumadi, Dr. Yosaphat Sumardi, Dr. Supahar, Dr. Ariswan, dan mahasiwa S2 Pendidikan Fisika tentunya siap menanggapi setiap pertanyaan dan masukan asesor. Di tempat yang sama Asesor II, Prof. Dr. Icuk Imawan memverifikasi borang institusi yang ditanggapi oleh pimpinan dan tim penjaminan mutu PPs UNY. Tampak hadir di sana Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed., Prof. Pardjono, Ph.D., Prof. Dr. Muhyadi, Dr. Dimyati dan Dr. Teguh Setiawan mampu menjawab setiap pertanyaan.

Secara garis besar proses verifikasi borang berjalan lancar, semua dokumen lampiran yang dibutuhkan dapat ditunjukkan dengan cepat dan tepat. Setelah dicermati bersama dan mendapatkan mufakat, berita acara visitasi bisa ditandatangani dan selesailah seluruh rangkaian visistasi prodi Pendidikan Fisika ini.